Monday, May 27, 2013

Komputer Multimedia

DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA




Menurut wikipedia.org: 
Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai  dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer  mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council", sebuah  kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software  Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry  Association). Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative  Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu.

Kenapa CD-ROM?






Kerana dahulu multimedia hanya terbatas kepada kemampuan komputer untuk  menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja.  Standard Komputer Multimedia menurut Software and Information Industry
Association:

Pada tahun 1990:
• 16 MHz 386SX CPU
• 2MB RAM
• 30MB hard disk
• 256-color, 640 x 480 VGA video card
• 1x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1  second seek time
• Sound card outputting 22 kHz, 8-bit sound; and inputting 11 kHz, 8- bit sound
• Windows 3.0 with Multimedia Extensions.

Pada tahun 1993:
• 25 MHz 486SX CPU
• 4 MB RAM
• 160 MB hard disk
• 16-bit color, 640×480 VGA video card
• 2X CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read at 1x,  with < 400ms seek time
• Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound
• Windows 3.0 with Multimedia Extensions, or Windows 3.1 Pada tahun 1996:
• 75 MHz Pentium CPU
• 8 MB RAM
• 540 MB hard disk
• Video system that can show 352×240 at 30 frames per second, 15-bit color
• MPEG-1 hardware or software video playback
• 4x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with <  250ms seek time
• Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound
• Windows 3.11

MENGAPA MULTIMEDIA? 
Multimedia dapat digunakan dalam:
1. Bidang periklanan yang efektif dan interaktif 
2. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara  nteraktif dan dapat mempermudah pembelajaran kerana dididukung  oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
3. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan  website yang menarik, informatif, dan interaktif




Menurut kajian Computer Technology Research (CTR):
1. Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
2. Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
3. Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
4. Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar, dilihat, dan  dilakukan.

Multimedia mampu: 
1. Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking,  para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari tempat kerja.  Contoh software yang membantu teleworking/telecommuting:
Netmeeting!
2. Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat  dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya(pos).

3. Mengubah cara bisnes. Seperti Nokia membuat bisnes telepon selular, banyak  perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan  cara online-banking.
4. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai  menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi.  Misalnya: membaca koran secara online, detik.com, menggunakan software
kesihatan, belajar bermain gitar dari software dan masih banyak lagi.
5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer  multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisen dan radio.

Media (berdasar ISO93a) dapat diklasifikan menjadi beberapa kriteria :
1. Perception Medium 
• Perception media membantu manusia untuk merasakan  lingkungannya
• “Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan komputer?”

Persepsi informasi melalui penglihatan atau pendengaran
• Perbezaan persepsi informasi melalui “melihat” dan “mendengar”
• Aspek pada perception medium :
i. Aspek Representative Space: sesuatu yang terkandung
dalam presentasi secara nyata
- Kertas, layar
- Slide show, power point
ii. Aspek Representative Values: nilai-nilai yang terkandung  dalam presentasi
- Self contained (interpretasi tiap orang berbeza), contohnya: suhu, rasa, bau
- Predefined symymbol set (sudah disepakati sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh
iii. Aspek Representation Dimension
 - Ruang (space)
 - Waktu (time) : time independent, discreet (text, grafis) time dependent , continuous media (video,
audio, sintak dari sensor yang berbeza)

2. Representation Medium
• Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh komputer
• “Bagaimana informasi pada komputer dikodkan?”
 ÆMenggunakan berbagai format untuk merepresentasikan  informasi. Contoh :
- Text : ASCII dan EBCDIC
- Grafis : CEPT atau CAPTAIN videotext
- Audio stream : PCM (Pulse Coding Method) dengan kuantisasi liner 16 bit
- Image : Facsimile (standard ISO) atau JPEG
- Audio/video : TV standard (PAL, SECAM, NTSC), computer standard (MPEG)

3. Presentation Medium 
• Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output  informasi
• “Melalui edia apa informasi disajikan oleh komputer, atau
dimasukkan ke komputer?”

  1. Output : kertas, layar, speaker 
  2. Input : keyboard, mouse, kamera, microphone 
4. Storage Medium 
• Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan maklumat (tidak terbatas pada komponen komputer)
• “Dimanakah maklumat infomasi akan disimpan?”

  • microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard 


5. Transmission Medium 
• Pembawa maklumat informasi yang memungkinkan terjadinya translaksi data secara bersambungan (tidak termasuk media penyimpanan)
• “Melalui apa informasi akan ditranslaksikan?”

  •  melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui wireless 

6. Information Exchange Medium 
• Pembawa informasi untuk translaksi, contoh : media penyimpanan dan media translaksi
• “Bagaimana informasi dari tempat yang berbeza-beza saling dipertukarkan?”

  •  direct transmission dengan jaringan komputer, combined (storage dan transmission media), kandungan web  informasi, e-book, forum

SISTEM MULTIMEDIA
A multimedia system is any system which supports more than a single kind of media [AHD 1991]. Bagaimana sistem boleh disebut sebagai sistem multimedia? 

1. Kombinasi Media 
Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/ discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media lain adalah audio dan video.

2. Independence 
Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah berkaitan antara media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika ditingkat bergantungan/ berkaitan antara media tersebut rendah. 

3. Computer-supported Integration 
Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.

 Sistem Multimedia dapat dibahagikan menjadi: 

1. Sistem Multimedia Stand Alone 
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker,monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard. 

2. Sistem Multimedia basis Jaringan 
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbezaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence dan video broadcast Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemerosotan jaringan, terhenti dan masalah infrastruktur yang belum siap.




DATA STREAM 
Dalam sistem multimedia terdistribusi, data ditransmisikan (time dependent) dan terjadi pertukaran informasi

 ------>Sistem digital ------>Informasi dibagi  menjadi unit (packets). -----packet-packet dikirimkan
------->Packet-packet Informasi diterima----> Packet-packet  disusun ulang ---->maklumat dipaparkan 

Translaksi informasi dapat dikategorikan : 
1. Berdasar mode translaksi 

         a. Aynschronous Trasmission Mode
               • Komunikasi tanpa batas waktu. Packets mencapai penerima secepat mungkin
               • Paket yang dikirm cepat kerana tidak perlu adanya sinkronlaksi
               • Informasi untuk discrete media dapat ditranslaksikan sebagai
                 aynchronousdata stream
               • Contoh : translaksi e-mail 

        b. Synchronous Transmission Mode 
              • Terdapat batas waktu tunda maksimum untuk setiap packet dari suatu data
                stream
              • kekal sinterasi
              • Penerima kekal buffer untuk menyimpan data sementara ambil menunggu
                paket lengkap

        c. Isochronous Transmission Mode 
              • Terdapat batas waktu tunda maksimal dan minimal
              • Melakukan garansi paket diterima dengan baik
              • Client memberikan informasi kepada server tentang statusnya
              • Kebekesanan buffer yang sangat besar

No comments:

Post a Comment